Search
Close this search box.

Berkunjung Ke Gunung Kidul, Prabowo Beri Bantuan Pipa Air Bersih Untuk Masyarakat

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bersama Wakil Bupati Gunungkidul, Sunaryanta melakukan kunjungan ke lokasi pemasangan pipa air bersih di Kelurahan Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Senin (3/6/2024).

Daerah-daerah yang berada di wilayah Kabupaten Gunungkidul tersebut telah mengalami kekeringan dan susah mengakses air selama beberapa bulan terakhir, terutama saat musim kemarau. Tetapi, sekarang para warga telah mendapatkan bantuan pipa yang digunakan untuk pengairan pertanian.

“Berarti masyarakat bisa panen tiga kali yang sebelumnya hanya satu kali (setahun),” kata Prabowo.

Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Jonni Mahroza menjelaskan bahwa proyek pipanisasi air bersih ini, yang akan digunakan untuk meningkatkan pasokan air, diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan terutama dalam sektor pertanian bagi penduduk Gunungkidul.

“Kami berharap dapat melihat peningkatan menjadi dua kali lipat dalam hasil panen setiap tahunnya berkat bantuan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto,” ucapnya.

Jonni mengatakan bahwa program ini merupakan hasil dari penelitian dan eksplorasi yang telah dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Air Universitas Pertahanan sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat mereka.

“Bantuan ini direncanakan akan bermanfaat bagi sekitar 1.500 Kepala Keluarga (KK),” ujarnya.

Sebagai informasi, selama tahun 2023 Satgas Air Unhan RI telah menemukan sumber air dan membangun instalasi air bersih di lebih 130 lokasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, di antaranya Nusa Tenggara Barat (NTB), Yogyakarta, Jawa Barat, Maluku Barat Daya, dan Banten.

Sebelumnya, tahun lalu di bulan Agustus 2023, Prabowo juga telah meresmikan 11 titik sumber air bersih di Gunungkidul dan Bantul, DIY.

Facebook
Twitter
WhatsApp