Search
Close this search box.

Komitmen Prabowo Subianto Akan Melanjutkan Pengelolaan Air Dunia

Presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sepakat untuk melanjutkan komitmen pemerintah Indonesia terhadap pengelolaan air dunia.

Hal itu diucapkan oleh Presiden Joko Widodo pada saat pembukaan sekaligus memperkenalkan Prabowo di hadapan para delegasi negara-negara 10th World Water Forum (WWF) 2024 di Nusa Dua Bali, Senin (20/5/2024).

“Pada kesempatan yang baik ini izinkan saya memperkenalkan presiden terpilih Indonesia, Bapak Prabowo Subianto, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), yang akan meneruskan komitmen Indonesia untuk berkontribusi terhadap pengelolaan air dunia. Terima kasih Pak Prabowo,” ucap Jokowi.

Untuk penyediaan air bersih, Prabowo-Gibran akan tingkatkan program resapan air serta membangun embung-embung air termasuk program pipanisasi air bersih juga dilakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih yang merata di seluruh daerah.

Diketahui, Dalam Asta Cita (8 misi Prabowo-Gibran) disebutkan penekanan program perbaikan kualitas gizi, air bersih dan sanitasi masyarakat untuk atasi ancaman stunting/gizi buruk.

Selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo sudah gencar berkolaborasi dengan ilmuan Universitas Pertahanan (Unhan) guna mewujudkan titik-titik air bersih.

Pemerintahan Prabowo-Gibran memang sangat berkomitmen untuk menerapkan swasembada air dengan cara meneruskan bantuan pengeboran sumber air di daerah terpencil, revitalisasi daerah aliran sungai, serta melakukan pipanisasi air.

Sebagai informasi, total ada 120 titik sumber air baru yang diberikan kepada masyarakat di Maluku, NTT, NTB, serta sejumlah provinsi di Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten dan Yogyakarta.

Facebook
Twitter
WhatsApp