Search
Close this search box.

Didampingi Jokowi, Prabowo Serahkan Pesawat Keempat C-130J Super Hercules ke TNI AU

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan serah terima pesawat keempat C-130J Super Hercules A-1344 secara simbolis kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo untuk selanjutnya dapat dioperasikan oleh TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Serah terima pesawat C-130J Super Hercules A-1344 itu disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Jokowi dan Prabowo, didampingi Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, dan tiga kepala staf angkatan juga berkesempatan untuk meninjau langsung alutsista lainnya seperti pesawat C-130J Super Hercules buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS).

Prabowo sebagai Menhan menjelaskan, pesawat Pesawat C-130J Super Hercules sangat efektif untuk negara kepulauan seperti Indonesia dengan wilayah yang sangat luas dan runway yang pendek.

“Kelima pesawat tersebut nantinya akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, untuk melaksanakan tugas-tugas TNI AU dalam mendukung angkutan udara baik dalam misi operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP),” tutur Prabowo.

Secara keseluruhan, Kemhan telah memesan lima unit C-130J Super Hercules, di mana tiga pesawat sebelumnya telah diserahkan kepada TNI AU yakni pada Maret, Juni, dan Agustus 2023.

Facebook
Twitter
WhatsApp