Search
Close this search box.

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon Meminta PBB Segera Akui Penuh Keanggotaan Palestina

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menerima kunjungan kehormatan Komite PBB untuk Palestina. Dalam pertemuan itu, Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon menyebutkan bahwa komite berharap DPR RI membantu meyakinkan negara-negara anggota PBB untuk menerima Palestina sebagai anggota penuh majelis seluruh negara dunia.

“Mereka menyampaikan penghargaan terhadap Indonesia, yang selama ini mempunyai komitmen yang sangat tinggi memperjuangkan Palestina merdeka, dari mulai pemerintah, parlemen dan juga dari masyarakatnya,” ucap Fadli di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Komite tersebut, juga sangat mengapresiasi Indonesia karena berpuluh tahun terus memberikan dukungan dan bantuan kemanusiaan. Sampai saat ini, terdapat 149 negara yang mengakui keanggotaan penuh Palestina di PBB.

“Jadi, masih terus dilakukan upaya lobi. Dan termasuk diharapkan dari Parlemen Indonesia, untuk bicara ke beberapa Parlemen agar negara yang belum mengakui Palestina, sebagai anggota penuh Dewan PBB,” kata Fadli.

Legislator Partai Gerindra ini optimistis Palestina memperoleh keanggotaan penuh. Sebab beberapa waktu belakangan, negara Amerika Latin, seperti Panama, dan beberapa negara lain di Eropa, seperti Norwegia, Spanyol, dan Irlandia sudah mendukung Palestina dan mengakuinya sebagai anggota penuh PBB.

“Tetapi sampai sekarang ini, pihak Israel sendiri belum mematuhi apa yang sudah menjadi resolusi PBB itu. Hal ini yang harus ada tekanan ke semua negara, termasuk negara-negara yang ada di Asia Tenggara, di Asia, dan di seluruh dunia,” ujarnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp