Search
Close this search box.

Fadli Zon: Indonesia Siap Gelar Pertemuan Kedua Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI akan mengadakan pertemuan dengan parlemen-parlemen negara kawasan pasifik. Pertemuan Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) ini akan mengundang 16 negara kawasan pasifik dan merupakan pagelaran kedua.

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon mengungkapkan, bahwa forum ini pertama kali dilakukan pada tahun 2018. Tapi karena Covid-19 terjadi penundaan, dan belum lagi DPR RI pada tahun 2022 menjadi tuan rumah IPU.

“Jadi baru sekarang bisa kita laksanakan pertemuan yang kedua ini dan kita berharap akan ada partisipasi yang cukup tinggi dan aktif dari Parlemen negara-negara pasifik,” ujar Fadli Zon saat ditemui di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Kegiatan pelaksanaan IPPP yang kedua ini dimulai dari tanggal 24-26 Juli 2024 di Jakarta. Pada saat ini sudah 7 negara yang konfirmasi dan akan menyusul beberapa negara lainnya.

“Ketua-ketua parlemen mereka juga beberapa sudah konfirmasi akan hadir, termasuk kita mengundang kedutaan besar dari negara pasifik yang ada disini yaitu Papua Nugini dan Fiji,” tutur Legislator Gerindra ini.

Politisi Gerindra itu pun berharap, forum ini akan membuka dialog dan komunikasi sesama negara yang berada di kawasan pasifik. Indonesia yang kawasan kepulauannya bersentuhan dengan dua samudera punya posisi yang penting dalam geopolitik kawasan ini.

“Sebagian besar kita sudah mengenal mereka. Sehingga jika ada isu-isu yang terkait, misalnya tentang situasi di Papua dan lain-lain kita bisa menjelaskan dengan gamblang. Tentu saja (forum) ini penting bagi kepentingan nasional kita.” pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp