Search
Close this search box.

Dewan Pakar Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono Ingatkan Pemerintah Fokus Antisipasi Potensi Karhutla

Musim kemarau telah tiba, Indonesia yang merupakan kawasan hutan tropis memiliki potensi yang cukup besar dalam kebakaran hutan lahan pada saat musim kemarau. Untuk itu, pemerintah harus segera mengambil langkah pencegahan dalam menangani karhutla.

Salah satu usaha dalam mencegah karhutla ialah dengan melakukan penyiraman hutan di semua wilayah Indonesia terutama yang berpotensi kebakaran.
Bambang Haryo Soekartono yang juga Anggota Dewan Pakar DPP Gerindra, mengatakan pemerintah harus mampu mengontrol serta mencegah karhutla sehingga Indonesia terhindar dari adanya kebakaran hutan dan lahan serta mencegah terjadinya polusi udara bila karhutla terjadi.

“Karhutla ini dampaknya tidak kecil. Dampaknya bukan hanya pada area yang terbakar dan makhluk hidup berhabitat di area tersebut tapi juga pada makhluk hidup dan lingkungan di wilayah sekitar, sehingga wilayah yang jauh dari area karhutla,” ujar Bambang, Senin (24/6/2024).

Dampak akan karhutla tidak bisa dianggap remeh, begitu pula yang diungkapkan oleh politisi senior partai Gerindra ini. Karhutla dapat berdampak pada kerusakan lingkungan, kerusakan ekosistem, polusi udara serta dapat menimbulkan berbagai masalah penyakit.

“Asap karhutla itu kan bisa kemana-mana karena terbawa angin. Contohnya, kalau Sumatera mengalami kebakaran hutan, asapnya bisa ke Jakarta dan kota-kota pesisir Jawa bahkan sampai negara tetangga. Jadi kalau kualitas udara Jakarta itu buruk, tidak bisa sepenuhnya menyalakan faktor transportasi atau kendaraan dan industri karena polusi asap yang tebal di wilayah Jakarta dan sekitarnya hanya dialami pada saat musim kemarau saja, biasanya mulai bulan Mei, Juni, Juli, hingga September. Dan setelah Oktober di musim hujan, kualitas udara di Jakarta dan kota-kota pesisir yang ada di Jawa membaik. Itu semua juga karena hembusan arah angin yang mengakibatkan asap kebakaran hutan memenuhi kota Jakarta,” ujar Dewan Pakar Partai Gerindra tersebut.

Dewan Pakar Partai Gerindra ini juga mengingatkan pemerintah untuk lebih aktif dalam menyikapi masalah karhutla ini yang bila terjadi dapat membawa dampak yang sangat besar.

Facebook
Twitter
WhatsApp