Search
Close this search box.

Fadli Zon Dukung Rencana Kunjungan Delegasi IPU ke Rafah Dorong Gencatan Senjata

Legislator partai Gerindra Fadli Zon menghadiri acara pertemuan rutin ke-293 yang digelar oleh Komite Eksekutif Organisasi Parlemen Dunia (Inter-Parliamentary Union/IPU) di Zanzibar, Tanzania pada tanggal 18-21 Juni. Pertemuan ini dihadiri Delegasi dari 12 negara yang mewakili grup-grup Geopolitik yang ada di IPU.

Pertemuan Komite Eksekutif ke-293 ini membahas agenda-agenda strategis organisasi IPU kedepan, serta berbagai persoalan internal yang penyelesaiannya membutuhkan keputusan kolektif dari komite eksekutif.

Fadli Zon, dalam keterangan tertulis kepada Parlementaria, Jumat (21/6/2024) menyampaikan dua hal penting dalam agenda ini. Pertama, terkait dengan alokasi Dana Solidaritas Parlemen yang akan diberikan sebagai bantuan untuk parlemen-parlemen yang negaranya sedang mengalami kesulitan finansial.

Terkait dengan Dana Solidaritas Parlemen, Fadli Zon mendukung adanya alokasi bantuan untuk negara-negara pasifik, yang dimana baru-baru ini diterima oleh Parlemen Vanuatu.

Permasalah kedua yang disampaikan Politisi Partai Gerindra ini meminta agar Sekretaris Jenderal IPU dapat memberikan laporan berkala mengenai perkembangan persiapan rencana keberangkatan Delegasi IPU Ke Rafah, dalam rangka mendorong gencatan senjata segera.

“Kunjungan ini merupakan bentuk tanggung jawab IPU sebagai Organisasi Parlemen Se-Dunia untuk mengupayakan penghentian segera kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia khususnya terhadap rakyat Palestina,” ujar Fadli Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP).

Facebook
Twitter
WhatsApp