Search
Close this search box.

Prabowo Bangun Graha Utama Akademi Militer di Magelang

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, mengungkapkan alasan membangun Graha Utama Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah. Menurut Prabowo, pembangunan itu sebagai bentuk pengembangan fasilitas pendidikan di institusi militer.

“Pembangunan Graha Utama Akademi Militer Magelang merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi besar pembangunan dan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi pendidikan militer yang diharapkan dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak, mental, dan intelektualitas calon pemimpin TNI dan pemimpin bangsa,” kata Prabowo, Senin (29/1/2024).

Menhan Prabowo menjelaskan, Kementerian Pertahanan membangun Graha Utama Akmil dengan luas bangunan 8.306 m2. Rinciannya, lantai 1 seluas 3.328 m2, lantai 2 2.617 m2 dan lantai 3 seluas 2.617 m2. Selain itu, Kemenhan juga renovasi perbaikan ruang makan untuk 1.200 taruna.

“Diharapkan pembangunan Akmil Magelang dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan para taruna, calon penerus bangsa, dan dapat meningkatkan daya saing prajurit muda di kancah internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, ada sejumlah purnawirawan Jenderal TNI ikut diundang dalam peresmian Graha Utama Akademi Militer Magelang. Gedung ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Terlihat hadir dalam peresmian ini Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dia tampak mengenakan jas biru dongker dengan baret merah Kopassus di kepalanya.

Luhut berdiri sebaris dengan tokoh sepuh TNI, seperti Wapres ke-6 RI Jenderal (Purn) Try Sutrisno beserta tiga mantan Danjen Kopassus Jenderal (Purn) Wiranto, Agum Gumelar, dan A.M Hendropriyono.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta Akmil harus mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi. “Akademi militer juga sama, harus mampu dan mau menyesuaikan beradaptasi dengan disrupsi, dengan perubahan teknologi,” kata Jokowi.

Facebook
Twitter
WhatsApp