Search
Close this search box.

Andre Rosiade Sebut Pemindahan Depo Pertamina Plumpang ke Pelindo Sudah Tepat

Saat menghadiri rapat melalui virtual meeting (Daring) di Media Center, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Jakarta. Politisi Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade Buka suara terkait dengan permasalahan meledaknya kilang minyak Depo Pertamina di Plumpang yang tengah jadi sorotan publik.

Andre menjelaskan, bahwa Komisi VI DPR RI telah memberi peringatan kepada Pertamina sejak dua tahun terakhir.

Diketahui sebelumnya, Peringatan itu terkait pemeliharaan yang seharusnya lebih intensif pada depo dan kilang-kilang Pertamina mengingat usianya yang sudah tua. Dilansir melalui website resmi DPR RI, Jumat (10/03/2023).

“Meskipun kita tahu Depo Pertamina Plumpang pernah mendapatkan penghargaan Most Efficient Storage, tapi kita juga harus memaklumi Depo Pertamina Plumpang ini sudah berusia tua ya, dibangun dan dioperasikan di tahun 1974 dan usianya juga sudah begitu tua. Tentu dengan usia yang cukup tua itu ada resiko-resiko yang terjadi,” pungkas Andre Rosiade.

Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat ini mengungkapkan, bahwa salah satu permasalahan yang dialami Depo Pertamina Plumpang adalah berkaitan dengan buffer zone yang tidak dapat dijaga dengan baik.

Dirinya menerangkan, Depo Pertamina Plumpang saat ini berlokasi sangat dekat dengan pemukiman penduduk yang padat. Meskipun jika ditelusuri secara sejarah, sebenarnya dari perencanaan tata kota di tahun 1971-1974, posisi Depo Pertamina Plumpang sudah berada di lokasi yang tepat. Kemudian, Pertamina juga memiliki sertifikat tanah di daerah buffer zone.

Andre menyayangkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang belum mampu membantu Pertamina untuk menjaga buffer zone tersebut.

“Nah permasalahannya memang Pertamina tidak bisa menjaga asetnya. Sehingga buffer zone yang seharusnya kosong, dan tanah Pertamina ini tapi (kenapa) bisa dihuni warga. Bukan hanya salah Pertamina, tapi juga salah pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah yang menurut saya tidak mampu membantu Pertamina menjaga aset nya,” ungkap Andre.

Facebook
Twitter
WhatsApp