Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2025. Dalam sidak langsung ke Stasiun Pasar Senen bersama jajaran Komisi VI DPR RI dan perwakilan KAI, Dasco menilai adanya peningkatan kualitas layanan yang semakin baik dari tahun ke tahun, terutama dalam hal kebersihan, kenyamanan, ketepatan waktu, dan keamanan.
“Kami melihat masyarakat yang akan mudik maupun yang bepergian ke luar kota Jakarta, dan kami lihat bahwa pelayanan kereta api, terutama kereta api buatan industri dalam negeri, tidak kalah dengan kereta api-kereta api dari luar negeri,” ujar Dasco usai meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (17/3/2025).
Menurutnya, keberhasilan KAI menjaga standar tinggi ini patut diapresiasi, terutama dalam penggunaan kereta buatan PT Industri Kereta Api (INKA) yang terbukti memiliki kualitas mumpuni.
Selain kebersihan dan keamanan, Dasco juga mencatat peningkatan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api. Ia menilai KAI berhasil menjaga jadwal operasional dengan baik, meskipun menghadapi lonjakan jumlah penumpang yang signifikan.
Sebagai salah satu stasiun tersibuk selama musim mudik, Stasiun Pasar Senen telah melayani lebih dari 208.106 penumpang dalam beberapa hari terakhir. PT KAI juga telah menyiapkan 9.572 perjalanan kereta api, termasuk 1.080 perjalanan tambahan, untuk mengakomodasi kebutuhan pemudik.
“Kami minta kepada Kereta Api Indonesia untuk terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat kita,” tutur Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.
Menutup pernyataan, Dasco berharap inovasi dan peningkatan kualitas pelayanan terus dilakukan agar masyarakat semakin nyaman menggunakan transportasi kereta api, baik saat mudik maupun dalam perjalanan sehari-hari. Ia juga berharap dengan dukungan dari DPR RI dan pemerintah, KAI akan menjadi opsi utama transportasi publik yang lebih nyaman, aman, dan tepat untuk masyarakat Indonesia.