Search
Close this search box.

Abdul Wachid Minta Menteri Pertanian dan Menteri BUMN Segera Antisipasi Kenaikan Harga Gula

Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Abdul Wachid meminta Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Menteri BUMN Erick Thohir agar dapat segera melakukan tindakan untuk mengantisipasi kenaikan harga gula pada saat ini.

Legislator Gerindra itu mengungkapkan, agar Mentan Amran bisa dapat menggandeng Perhutani guna memanfaatkan lahan tidur agar bisa mengalihfungsikan tanaman pangan seperti tebu.

“Bisa menggandeng Perhutani agar lahan tidur bisa di alih fungsikan tanaman pangan (tebu),” ucap Wachid, Minggu (30/6/2024).

Sementara itu, untuk Menteri BUMN Erick Thohir, bisa dapat melakukan revitalisasi pabrik gula yang lebih modern agar bisa efisiensi. Dengan menekankan dua hal tersebut, maka pemerintah bisa mengejar swasembada gula di tahun 2029.

“Kondisi sekarang sekaligus bisa untuk mengejar swasembada gula di tahun 2029 agar negara tidak ketergantungan Impor,” ujar Wachid.

Selain itu, politisi Gerindra itu juga menduga, kenaikan harga gula disebabkan oleh turunnya produksi harga gula seperti di Thailand, India dan Brazil. Menurut dirinya turunya produksi itu disebabkan cuaca panas.

“Seharusnya kondisi saat ini Mentan RI memberi dorongan petani tebu dan menyediakan varietas unggul dan penyedia pupuk bersubsidi,” tutup Wachid.

Facebook
Twitter
WhatsApp