Search
Close this search box.

Abdul Wachid Menyoroti Masalah Haji ‘ilegal’ yang Semakin Marak

Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI menggelar rapat bersama Kementerian Agama (Kemenag) di Kantor Daerah Kerja (Daker) Madinah, Arab Saudi, Jumat (21/6/2024). Rapat digelar untuk mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji 2024.

Legislator Gerindra yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Abdul Wachid, menyoroti masalah haji ‘ilegal’ yang semakin merebak. Menurut dirinya, fenomena ini merupakan dampak dari praktik oknum travel nakal yang menyebabkan banyak warga menjadi korban.

“Visa itu yang mengurusi Dirjen Haji dan Umroh, jadi ini warga kita. Saya tidak memandang ini legal atau ilegal, tapi rakyat kita jadi korban. Saya tidak terima,” ujar politisi Gerindra itu,

Legislator Dapil Jawa Tengah II itu juga membicarakan video viral yang menunjukkan banyak jemaah meninggal dan tergeletak di pinggir jalan di Mina. Dia mempertanyakan apakah di antara mereka ada jemaah backpacker dari Indonesia yang mendapatkan visa non-haji.

“Itu mungkin jamaah di luar kita, tapi mungkin gak karena disebutkan adalah jemaah backpacker yang meninggal di jalan-jalan? Apakah ada? Saya justru kalau mereka terjadi seperti itu, rata-rata yang memberikan visa non-haji ini harus bertanggung jawab,” pungkas Abdul Wachid.

Facebook
Twitter
WhatsApp