Search
Close this search box.

Prabowo Membawa Misi Perdamaian Tegaskan Kemerdekaan Palestina Solusi Nyata di Konferensi Tingkat Tinggi

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto datang ke Yordania untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) membahas soal konflik Israel-Palestina sebagai perwakilan dari Indonesia menggantikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (11/6/2024).

Prabowo mewakili Indonesia dalam pidatonya dengan lantang dan tegas berbicara kepada seluruh dunia menyatakan respons Indonesia dalam menanggapi konflik Israel-Palestina bahwa Indonesia mengutuk keras sikap Israel terhadap warga Palestina di Gaza. Indonesia konsisten dan siap memberikan bantuan kemanusiaan, Prabowo juga mengatakan kemerdekaan Palestina merupakan solusi nyata untuk penyelesaian konflik.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina sebagai solusi riil bagi konflik di Gaza,” tegas Prabowo.

Menteri Pertahanan RI ini juga mengajak serta menghimbau kepada negara-negara besar agar bergerak untuk mewujudkan perdamaian dunia akan bencana yang terjadi di depan atas kekejaman suatu negara menindas bangsa lain.

“Kami menyerukan kepada semua negara besar untuk menggunakan pengaruh besar mereka untuk menegakkan hukum internasional. Bencana kemanusiaan yang terjadi di depan mata kita harus segera diatasi,” ungkap Menhan RI.

Menhan RI yang juga Presiden RI terpilih periode 2024-2029 dalam forum KTT menggarisbawahi dimana ada empat poin utama upaya Indonesia untuk membantu warga Gaza.

Pertama, Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi kepada Lembaga Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Kedua, Indonesia akan mengirimkan lebih banyak tim medis dan rumah sakit, serta juga siap mengirimkan kapal rumah sakit dan berpartisipasi dalam pengiriman bantuan melalui udara (airdrop) ke Gaza jika diperlukan.

Ketiga, Indonesia siap menerima hingga 1.000 pasie dari Gaza untuk dirawat di RS di Indonesia dan akan memulangkan mereka setelah sembuh serta situasi di Gaza kembali normal.

Dan yang keempat, Indonesia siap menyediakan perawatan pasca trauma dan pendidikan bagi anak-anak Gaza dan akan dikembalikan saat situasi kembali stabil.
Peran Prabowo dalam membawa misi perdamaian dunia dan komitmen Indonesia mendukung Palestina di KTT Yordania perlu diapresiasi. Dimana komitmen, bukti nyata, serta kesungguhan Prabowo dan bangsa Indonesia dengan mengatasnamakan rasa kemanusaan membawa misi perdamaian dunia bisa tercapai.

Facebook
Twitter
WhatsApp