Search
Close this search box.

Legislator Gerindra Minta Agar Pengawasan Pelaksanaan Haji 2024 Diperkuat

Politisi dari Gerindra yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid, mengatakan langkah strategis yang diambil DPR RI untuk memperkuat pengawasan pelaksanaan ibadah haji tahun pada tahun 2024 ini.

Abdul Wachid memaparkan peran komisi-komisi di DPR RI guna memastikan kelancaran pelaksanaan haji bagi jemaah Indonesia di Arab Saudi.

“Jadi gini, tahun ini kami membawa beberapa teman Anggota DPR RI dari Komisi VIII dan juga komisi-komisi lain yang terkait. Komisi V yang membidangi transportasi, Komisi VI yang menangani masalah perdagangan dan pengadaan barang, serta Komisi IX yang menyangkut masalah kesehatan,” ucap Abdul Wachid, Senin (10/06/2024).

Legislator Gerindra itu pun menegaskan untuk pengawasan pelaksanaan ibadah haji oleh Kementerian Agama adalah tugas utama Komisi VIII DPR RI.

Selain itu, Komisi V bertanggung jawab atas transportasi, termasuk pemberangkatan jemaah dengan Garuda Indonesia dan layanan transportasi lainnya di Saudi Arabia.

“Komisi VI menangani pengadaan barang, termasuk makanan. Kami berharap pengawasan yang ketat akan memastikan 100 persen produk Indonesia digunakan,” ujar Politisi Gerindra ini.

“Kami butuh pengawasan yang benar-benar fokus, terutama untuk kesehatan karena haji adalah ibadah fisik. Kami berharap Komisi IX memberikan perhatian khusus dalam hal ini,” imbuhnya.

Sebagai informasi, DPR RI berencana melakukan rapat evaluasi setelah kepulangan jemaah haji. Rapat itu akan membahas hasil pengawasan dan persiapan pelaksanaan haji tahun 2024.

“Kami akan rapat bersama terkait dengan Panja Evaluasi Haji dan juga Panja berikutnya untuk pelaksanaan haji tahun 2024. Kami berharap masing-masing Timwas, memberikan laporan resmi kepada kami,” tandas Abdul Wachid.

Facebook
Twitter
WhatsApp