Search
Close this search box.

Prabowo Wakili Jokowi ke Yordania untuk Hadiri KTT Tanggap Darurat Gaza

Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan RI melakukan perjalanan ke Mesir untuk mewakili Presiden Joko Widodo dalam acara konferensi tingkat tinggi (KTT) “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza” atau “Seruan untuk Bertindak: Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza” di Yordania.

Prabowo mewakili Presiden RI memenuhi undangan dari Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi, Raja Yordania Abdullah II, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang dikirim kepada Presiden Jokowi pada 30 Mei lalu.

“Konferensi ini diselenggarakan bersama oleh Kerajaan Hasyimiyah Yordania, Republik Arab Mesir, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 11 Juni 2024 di Yordania,” ujar Kabiro Setjen Kemhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha (10/6/2024).

Edwin juga mengatakan adanya konferensi ini merupakan sebuah aksi nyata dalam seruan gencatan senjata di jalur Gaza serta memperkuat hubungan internasional dalam merespons bencana kemanusiaan yang sedang berlangsung di Gaza.

“Konferensi ini diselenggarakan sehubungan dengan seruan gencatan senjata di Gaza, dengan tujuan agar kepada negara dapat mengidentifikasi cara-cara untuk memperkuat tanggapan komunitas internasional terhadap bencana kemanusiaan yang sedang berlangsung,” ujar Edwin.

Prabowo sebagai perwakilan Indonesia kerap sering sekali berbicara di depan forum internasional soal posisi Indonesia menanggapi soal Gaza. Sebelumnya pada acara IISS di Singapura, Prabowo mengatakan bahwa Indonesia siap mengirim bantuan medis dan siap tampung 1.000 warga Gaza.

Dan pada KTT ini, kehadiran Prabowo sebagai perwakilan Indonesia sangat dinanti dan diharapkan Indonesia bisa memberikan kontribusi nyata untuk krisis kemanusiaan di Gaza.

“Diharapkan dengan kehadiran perwakilan dari Pemerintah Indonesia dalam konferensi ini, kita dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya bersama menangani krisis kemanusiaan di Gaza,” ungkap Edwin.

Facebook
Twitter
WhatsApp