Search
Close this search box.

Legislator Gerindra Serap Aspirasi Masyarakat di Kawasan Wisata Kebun Raya Cibodas

Anggota DPR RI fraksi Partai Gerindra, Kamrussamad, melakukan kunjungan ke kawasan wisata Kebun Raya Cibodas, Desa Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur pada (18/5/2024). Dalam kunjungannya, Kamrussamad melakukan dialog dengan masyarakat yang sebagian besar profesinya adalah pedagang di kawasan wisata tersebut.

Kawasan wisata Kebun Raya Cibodas merupakan destinasi favorit bagi banyak wisatawan, akan tetapi adanya beberapa kebijakan yang memberatkan pengunjung berdampak negatif bagi perekonomian lokal karena pengunjung semakin sepi.

Dalam dialognya, politisi Partai Gerindra tersebut mendapatkan banyak aspirasi serta informasi dari para pedagang di kawasan wisata tersebut. Masyarakat mengeluhkan adanya penurunan omset yang disebabkan oleh swastanisasi dan kebijakan retribusi yang tinggi.

Adanya Peraturan Bupati (Perbup) yang menetapkan tarif sebesar Rp.12.000 per orang, serta tarif retribusi kendaraan sebesar Rp.3.000 untuk roda dua, Rp.5.000 untuk roda empat dan Rp.8.000 untuk bus dinilai terlalu tinggi dan membebani pengunjung yang berdampak pada kurangnya jumlah wisatawan yang berkunjung.

Dengan itu, Kamrussamad menganggap pentingnya dialog dengan semua pemangku kepentingan untuk mencari solusi akan permasalahan serta hambatan yang terjadi di lokasi wisata.

“Kita perlu mencari jalan tengah agar semua pihak dapat merasakan manfaat. Pedagang adalah bagian penting dari ekosistem pariwisata, dan suara mereka harus didengar,” ujar legislator Partai Gerindra.

Menindaklanjuti temuan serta aspirasi masyarakat, Kamrussamad berjanji akan membawa hasil dialog ini ke pihak terkait dan berusaha menemukan solusi bersama untuk mengakomodir kepentingan semua pihak termasuk pedagang.

Facebook
Twitter
WhatsApp