Search
Close this search box.

Legislator Partai Gerindra Menyoroti Peran Bank Genetik dalam Menjaga Ketahanan Nasional

Srikandi Partai Gerindra yang juga sebagai anggota Komisi IV DPR RI, Endang Setyawati Thohari, konsisten dalam mengadvokasi kebijakan yang mendukung kepentingan rakyat.

Dalam hal ini legislator fraksi partai Gerindra ini menyoroti peran Bank Genetik dalam konservasi dan pemanfaatan Sumber Daya Genetik (SDG) sebagai langkah strategis menjaga kedaulatan pangan nasional.

Endang berkesempatan melakukan kunjungan ke Balai Besar Pengujian Instrumen Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BBPSI Biogen) di Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya politisi Partai Gerindra ini menekankan bahwa varietas genetik yang sudah berkembang di masyarakat harus dilindungi dan dimanfaatkan dengan maksimal.

“Bank genetik itu penting. Namun, sayangnya, sosialisasinya belum maksimal. Jika kita tidak mengamankan varietas genetik yang ada, kita akan kehilangan kedaulatan pangan,” ujar Endang (26/5/2024).

Menurut Endang, Perlindungan dan pengelolaan SDG memiliki peran krusial, terutama dalam menghadapi ancaman perubahan iklim dan geopolitik global. Bank Genetik atau bank Benih tidak hanya berfungsi sebagai pusat penyimpanan benih dan stek serta konservasi, akan tetapi dapat menjadi pusat pengembangan varietas unggul baru.

“Bank genetik ini harus dikembangkan lebih luas lagi agar bisa berkontribusi dalam menjaga ketahanan nasional,” ujar srikandi Partai Gerindra ini.

Legislator dari Fraksi Partai Gerindra ini juga berkomitmen akan terus mendukung dan r perlindungan dan pengelolaan mendorong adanya Undang-undang tentang SDG yang mengatur perlindungan dan pengelolaan SDG secara komprehensif.

“Kami dari Komisi IV akan terus mendukung dan mendorong adanya Undang-undang tentang SDG yang mengatur perlindungan serta pengelolaannya secara menyeluruh,” tegas legislator partai Gerindra ini.

Facebook
Twitter
WhatsApp