Search
Close this search box.

Delegasi DPR, Fadli Zon Jadi Pemantau Pemilihan Presiden Rusia

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menjadi Observer Internasional Pemilu Presiden Rusia 15-17 Maret 2024 di Moskow, Rusia, baru-baru ini. Selain Fadli Zon, hadir Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana ikut sebagai Pemantau Internasional proses demokrasi di Rusia itu.

Kehadiran Delegasi BKSAP DPR RI tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari Komisi Pemilihan Umum Rusia dan Parlemen Rusia. Fadli Zon berkesempatan menyaksikan secara langsung proses pemilihan presiden Rusia di beberapa TPS, antara lain TPS nomor i453, 4563 dan 3532 yang terdapat di kota Moskow.

Pada kesempatan itu, Ketua BKSAP DPR RI juga mendapatkan penjelasan mengenai metode pemilihan yang terdiri dari tiga cara. Diantaranya manual dengan mencontreng pilihan pada kertas suara, elektronik dengan menggunakan gawai serta online yang bisa dilakukan dimana saja tanpa harus datang ke Polling Station.

Disamping itu bagi warga Rusia yang lanjut usia, petugas pemilihan akan berkeliling ke rumah-rumah dengan membawa kotak suara keliling. Kotak suara juga terbuat dari material plastik transparan namun tebal, yang dilengkapi sensor sehingga kertas suara dapat langsung dihitung dan pilihan warga bisa terlihat dengan cukup jelas.

“Ini menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi di Rusia. Bahwa berbeda pilihan itu biasa saja. Dengan dukungan teknologi tinggi tingkat kecurangan bisa ditekan dan ini berarti pemilunya semakin demokratis. Tak seperti yang dicitrakan selama ini,” ujar Fadli Zon dalam keterangan resmi yang diterima Parlementaria, Senin (18/3/2024) sebagaimana disampaikannya saat wawancara dengan media nasional Rusia.

Sebagaimana diketahui, pada pemilihan Presiden Rusia kali ini terdapat 4 kandidat calon presiden. Vladimir Putin sebagai incumbent yang dicalonkan kembali oleh Partai Rusia Bersatu, Vladislav Davankov dari Partai Rakyat Baru, Leonid Slutsky dari Partai Liberal, serta Nikolai Kharitonov dari Partai Komunis.

Tak hanya itu, Legislator Fraksi Partai Gerindra tersebut di sela-sela kegiatan sebagai observer juga melakukan courtesy call dengan Wakil Ketua Senat Rusia H.E. Ilyas Umakhanov. Ilyas Umakhanov adalah Wakil Ketua Senat sekaligus amirul haji Rusia.

Pada hari kedua, Delegasi DPR melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Ketua Senat Rusia H.E. Konstantin Kosachev. Pertemuan membicarakan mengenai peran parlemen dalam meningkatkan hubungan bilateral dan persahabatan kedua negara yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Facebook
Twitter
WhatsApp