Search
Close this search box.

Andre Rosiade Puji Kinerja BRI Bisa Cetak Laba Rp 44,21 T dalam 9 Bulan

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra Andre Rosiade berikan apresiasi terhadap kinerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI). Ia menuturkan bahwa BRI berhasil mempertahankan kinerja keuangan yang baik hingga akhir Kuartal III 2023.

Keberhasilan BRI Group mempertahankan kinerjanya terlihat dari aset yang secara konsolidasian meningkat 9,93% year on year (yoy) menjadi Rp. 1.851,97 triliun.

“Saya mengapresiasi kinerja BRI karena pertumbuhan asetnya diiringi dengan perolehan laba dalam 9 bulan yang mencapai angka sebesar Rp. 44,21 triliun atau tumbuh 12,47% yoy,” sebut Andre dalam keterangannya, Rabu (01/11/2023).

Andre mengungkapkan dari sumber yang didapatnya, bahwa kontributor penopang utama kinerja positif dari BRI ini adalah penyaluran kredit yang tumbuh double digit, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan dana murah yang juga tumbuh double digit, kualitas kredit yang terjaga, hingga proporsi fee-based income yang porsinya terus meningkat untuk keseluruhan pendapatan BRI.

“Dari sisi fungsi intermediasi hingga akhir semester September 2023, BRI berhasil mendorong penyaluran kredit tumbuh 12,53% yoy menjadi Rp. 1.250,72 triliun. Pencapaian ini masih selaras dengan proyeksi BRI, di mana hingga akhir tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan kredit berada di level 10-12% yoy,” lanjutnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat ini juga menyatakan BRI telah berhasil mencetak pengguna Super Apps BRImo mencapai 29,8 juta pengguna pada September 2023.

“Jumlah pengguna ini tumbuh sebesar 66,87% yoy atau sebesar Rp. 2.984 triliun. Transformasi digital telah mendobrak industri perbankan dengan cepat, meningkatkan inklusi keuangan dan memberdayakan Usaha Ultra Mikro, Mikro, Kecil, dan Menengah yang merupakan salah satu fokus utama BRI,” imbuh Andre.

Selanjutnya, dari kinerja positif BRI dalam melakukan transformasi digital tersebut, saat ini hingga akhir Juli 2023 BRI yang menjadi Holding Ultra Mikro itu telah berhasil melayani 36 juta nasabah kredit mikro dan ultra mikro dengan total nilai kredit yang disalurkan mencapai Rp. 577,9 triliun.

“Selain pembiayaan, segmen mikro dan ultra mikro yang diperoleh di BRI juga tercatat menjadi nasabah simpanan dengan jumlah besar yakni hingga Rp. 309 triliun. Karena itu kita patut memberikan apresiasi terhadap BRI. Semoga kinerja positif ini bisa terus terjaga dan tumbuh sehingga bisa memberikan kontribusi terbesar terhadap negara,” tutup Andre.

Facebook
Twitter
WhatsApp