Search
Close this search box.

Mudik Lebaran 2023 Lancar, Novita Wijayanti Apresiasi Pemerintah

Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra, Novita Wijayanti mengapresiasi kepada semua pihak terkait suksesnya pelaksanaan mudik Lebaran 2023, yang kemarin baru saja dilakukan. Novita mengatakan dengan jumlah pemudik yang mengalami peningkatan cukup drastis kemarin, mampu dikelola dan dikoordinasikan dengan sangat luar biasa.

“Tentu yang pertama, saya mengungkapkan apresiasi kepada semua pihak terkait atas kerja dan upayanya dalam memastikan pelaksanaan mudik kemarin berjalan aman dan lancar,” kata Novita, Selasa (23/5/2023).

Tak hanya itu, Politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga bersyukur bahwa adanya penurunan pada tingkat kecelakaan lalu lintas di musim mudik kemarin. Berdasarkan data dari pihak kepolisian selama musim mudik Lebaran 2023 mencapai 5.894 kasus, sebanyak 726 di antaranya menimbulkan korban jiwa.

“Baik kepada Kementerian PUPR yang telah memastikan secara baik infrastruktur jalan yang dilalui pemudik, Kementerian Perhubungan dan Kakorlantas, sudah cukup sangat baik hingga peran serta Basarnas dan BMKG yang telah ikut berpartisipasi,” sambung Novita.

Jumlah tersebut, turun dari angka kecelakaan tahun 2022 yang tercatat 7.633 kasus dengan korban jiwa sebanyak 1.121 orang. “Penurunan data kasus kecelakaan dan korban jiwa ini, tentunya menjadi penting dan tetap menjadi bahan catatan evaluasi bagi semua pihak, meski terjadi penurunan jumlah kasus kecelakaan lalu lintas Lebaran,” ucap Novita.

Novita berharap, dengan keterbukaan informasi tersebut akan membuat masyarakat maupun pelaksana penanganan mudik di tahun depan akan lebih mawas diri. Bagi masyarakat tentu data ini menjadi kepentingan bagi mereka untuk terus mawas diri.

“Bagi pemerintah, tentunya harus menjadi acuan agar tingkat kecelakaan lalu lintas pada musim mudik mendatang semakin menurun,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp