Search
Close this search box.

Yan Permenas Dukung Pengembangan RSAL di Biak

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Gerindra, Yan Permenas Mandenas mendorong pengembangan rumah sakit angkatan laut (RSAL) di Biak untuk mendukung tugas-tugas para prajurit patroli di wilayah pasifik. Hal itu ia ungkapkan saat mengunjungi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Biak, Papua.

“Pengembangan rumah sakit dari tipe D ke tipe C dengan alokasi anggaran plus minus sekitar 200 milyar tadi, saya pikir mungkin dengan adanya pengembangan rumah sakit ini bisa mengcover tiga matra yang ada dibiak, yaitu Darat Laut dan Udara,” ujar Yan, Selasa (2/5/2023).

Menurut Yan Rumah Sakit Angkatan Udara yang ada di Biak sangat kecil, kemudian tidak ada Angkatan Darat juga di Biak, jadi Yan akan usulkan ke Kememterian Pertahanan dalam Rapat Kerja nanti untuk bisa alokasi program di Tahun 2024.

“Minimal supaya kita dapat alokasi anggaran, mungkin kita kembali lagi pake stratergi multier karena sekali lagi anggaran yang tersedia di Kemenhan sangat terbatas, jadi kita dorong multiers mudah-mudahan bisa didorong membantu untuk pengembangan Lanal Biak sebagai salah satu pangkalan utama TNI Angkatan Laut diwilayah kepulauan juga,” ujar Yan.

Dengan tingkat mobilitas yang cukup jauh serta sarana dan prasarana yang cukup terbatas, menangani pasien gawat darurat akan sangat sulit, apa lagi menurut Yan penerbangan yang ada ke Biak hanya Lion Air saat ini.

“Dengan adanya perkembangan Rumah Sakit ini akan mendukung tugas-tugas prajurit disini dalam rangka melakukan patroli rutin dilaut dan guskamla serta personilnya yang menajadikan biak ini sebagai salah satu pangkalan untuk patroli wilayah pasifik di wilayah utara papua sangat strategis untuk bisa kita manfaatkan fasilitas dukungan Rumah Sakit ini untuk membantu kelancaran tugas dari prajurit kita yang ada disini,” ujar Yan

Facebook
Twitter
WhatsApp