Search
Close this search box.

Sufmi Dasco: Kualitas Demokrasi Indonesia Ditentukan Seluruh Elemen Bangsa

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan pidato penutupan dalam rapat paripurna. Salah satu topiknya mengenai demokrasi.

“Kualitas demokrasi Indonesia sangat ditentukan kita semua pelaku-pelaku demokrasi,” ucapnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/04/2023).

Ketua Harian DPP Gerindra ini mengemukakan, hal itu mencakup Pemerintah RI, DPR RI, Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Mahkamah Agung (MA) RI, TNI, dan Polri. Termasuk, seluruh masyarakat Indonesia.

“Bagaimana kita bekerja sama mengubah cara pikir, cara kerja, dan cara hidup yang membawa kemajuan peradaban dan demokrasi,” tandas Dasco.

Dasco menekankan pentingnya iklim demokrasi yang sehat. Hal tersebut diyakini menjadi alat untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Selain itu, Dasco mengingatkan peran negara dalam menjamin praktik-praktik demokrasi. Salah satunya dengan melahirkan peraturan perundang-undangan yang sejalan dengan visi bangsa.

“Yang mengatur pemenuhan hak sosial, politik, ekonomi, dan budaya serta undang-undang yang mengatur jalannya pembangunan nasional dan ketertiban umum,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp