Search
Close this search box.

Sugiono: Pencak Silat Bukan Sekedar Olahraga, Tapi Bagian Dari Sejarah Indonesia

Wakil ketua umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sugiono melantik Pengurus Provinsi (Pengprov) IPSI Kalimantan Timur (Kaltim) periode 2022-2026.

Pengprov IPSI Kalimantan Timur dipimpin oleh Walikota Samarinda Andi Harun. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung Serbaguna GOR Segiri Samarinda, Jalan Kesuma Bangsa Samarinda, Kaltim, Sabtu (18/3/2023) malam.

Dalam sambutannya, Sugiono menegaskan bahwa, Silat adalah bagian terpenting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

“Silat bukan sekedar cabang olahraga bela diri, silat, selain olahraga beladiri asli Indonesia namun juga merupakan, cabang olahraga beladiri yang kental dengan sejarah perjuangan bangsa kita,” terang ketua Fraksi MPR RI ini

Sugiono mengingatkan bahwa pelantikan pengurus IPSI Kaltim ini bukanlah puncak pencapaian berada di Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat. Melainkan sebagai langkah awal dalam rangka membesarkan organisasi dan membudayakan pencak silat pencak silat di Benua Etam julukan Kaltim.

“Titipan amanah dan tanggungjawab ini terus dijaga, apa yang diharapkan dan cita-citakan untuk cabor beladiri ini akan terwujud. Dan semua prestasi yang diukir dicatat amal kebaikan kelak,” ucap legislator Gerindra ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, kepada IPSI Kaltim ini agar terus dijalankan dan dilaksanakan konsisten Kaltim dalam kirimkan atlet terbaik di kancah nasional dan internasional.

“Konsistensi untuk terus mengukir prestasi di kancah nasional dan internasional,” pungkasnya.

Kemudian Andi Harun yang dilantik menjadi Ketua Pengprov IPSI Kalimantan Timur masa bakti 2022-2026,meminta pada seluruh atlet yang memang memiliki potensi untuk tetap berbenah dan meningkatkan kemampuan serta kualitas diri.

“Kaum muda di tubuh IPSI untuk terus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada,” ucap Andi Harun

Selain itu, IPSI harus berbangga diri sebab di tengah kepungan cabang bela diri, Pencak Silat tetap tidak kehilangan kharismanya.

Menurutnya, untuk bela diri selain dapat memperbaiki mental dan fisik diri tiap atletnya, Andi juga menyatakan IPSI Kaltim siap berkontribusi dalam setiap pembangunan yang ditargetkan oleh pemerintah.

“Semoga saya bisa mengemban amanah ini dengan baik, sehingga implementasi program kerja yang sudah direncanakan berjalan dengan optimal sesuai dengan harapan kita bersama,”pungkas Andi Harun.

Facebook
Twitter
WhatsApp