Search
Close this search box.

Irwan Hasman Minta Proses Pemilu Dilaksanakan dengan Jujur dan Adil

Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Kamis (19/1/2023).  Rombongan DPR diterima di kantor pelayan Pemerintahan Kabupaten Brebes. Dalam pertemuan dengan penjabat Bupati Brebes, hadir juga KPU dan Banwaslu Provinsi Jawa Tengah, Ketua KPU dan Banwaslu Kabupaten Brebes, Tegal, dan Kota Tegal.  Pertemuan ini terkait persiapan Pemilu Serentak 2024.

Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Gerindra, Irwan Ardi Asman yang mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik ini  dalam keteranganya mengatakan pertemuan dengan KPUD dan Banwaslu bertujuan agar proses tahapan pemilu dilaksanakan dengan jujur dan berkeadilan. Irwan meminta agar dalam menyusun daftar pemilih tetap yang nantinya menggunakan haknya pada pemilihan umum yang akan datang mesti dilakukan dengan jujur dan adil.

Irwan juga menyinggung proses pembentukan badan adhoc yang baru saja dipilih dan ditetapkan oleh KPU dan Bawaslu. Menurut Irwan badan adhoc yang dibentuk jangan sampai tidak sesuai prosedur.

“Kita banyak mendapat laporan bahwa perekrutan PPK dan Panwascam tidak sesuai prosedur. Seleksi sekedar formalitas untuk memilih orang-orang yang telah diatur para komisioner. Hal ini tentu menjadi evaluasi bagi kita semua. Untuk menciptakan Pemilu yang berintegritas dan berkualitas tentu dimulai dengan personil penyelenggara dan pengawas yang berintegritas dan berkualitas pula” ujar Irwan.

Irwan juga menambahkan bahwa peran serta Pemerintah Daerah juga sangat penting demi suksesnya Pemilu 2024 nanti.

“Apakah terkait anggaran dan sarana prasarana Pemilu yang menjadi kewenangan Pemda. Maka, sudah seharusnya perangkat pemilu KPU dan Bawaslu agar berkoordinasi dan menjalin sinergi terhadap Pemerintah Daerah”, tutup Irwan.

Facebook
Twitter
WhatsApp