Search
Close this search box.

Menerima Aspirasi Nelayan, BHS Desak Bansos Nelayan Harus Ditingkatkan

Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Bambang Haryo Soekartono, menanggapi kecilnya jumlah nelayan Sidoarjo yang menerima bantuan sosial (bansos), dampak inflasi dan kenaikan harga BBM. Hal ini disampaikan saat BHS bertemu para nelayan di Gisik Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

Ada 178 nelayan Sidoarjo, yang menerima bansos beberapa hari lalu. Menurut dia, padahal ada ribuan nelayan Sidoarjo yang membutuhkan bansos tersebut. Khususnya nelayan tangkap.

“Bantuan bansos yang diberikan Pemerintah Kabupaten serasa sangat sedikit jika dibanding dengan nelayan yang ada,” kata BHS, panggilan akrab Bambang Haryo Soekartono, disela bertemu dan menyerap aspiasi sejumlah nelayan di Gisik Cemandi, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Selasa (18/10/2022)

Ada sekitar seribu nelayan tangkap khususnya, lanjut dia, yang seharusnya diberikan bansos itu. Sebab, para nelayan menggunakan bahan bakar untuk kepentingan operasional ditengah adanya kenaikan bahan bakar ini.

Hal ini, juga akan berdampak kepada perekonomian nelayan. Karena, tangkapan hasil melaut, akan dijual harga tinggi. Sementara, jika daya beli masyarakat ini menurun.

“Ini harusnya menjadi kewajiban Pemerintah Kabupaten memenuhi subsidi bagi nelayan ini,” ucapya.

Jika bantuan semacam itu bisa direalisasikan kepada nelayan, tentu akan mampu membawa multiplayer efek ekonomi yang lebih besar. “Sehingga para nelayan bisa menjalankan operasionalnya dengan baik,” tuturnya

Sekretaris DPC Partai Gerindra Sidoarjo, Jayadi menambahkan pihaknya melalui Fraksi Partai Gerindra di DPRD Sidoarjo sudah mendorong Pemkab Sidoarjo untuk merealisasikan bantuan bagi nelayan dan petani yang terdampak kenaikan BBM. 

“Kami mendorong APBD tahun anggaran 2023 nantinya lebih difokuskan untuk kesejahteraan sosial masyarakat. Penyaluran bantuan sosial dan ketahanan pangan harus dikedepankan pemerintah daerah,” katanya.

Sementara itu, saat bertemu para nelayan, BHS dan tim BHS peduli juga menyalurkan bantuan sembako untuk para nelayan. “Terima kasih saya ucapkan atas kepedulian dan bantuan sembako dari Pak BHS,” kata salah satu nelayan penerima bantuan.

Facebook
Twitter
WhatsApp