Search
Close this search box.

‘Indonesia-Africa Parliamentary Forum’ Fadli Zon: Semangat Melawan Imperialisme Kolonialisme

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon mengatakan bahwa Indonesia dan Afrika memiliki romantisme sejarah yang panjang. Terlebih, Indonesia merupakan inisiator Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

“Tahun 2025 itu akan ada anniversary yang ke-70 dan biasanya kita menyelenggarakan satu sidang per 19 tahun untuk mengingatkan kembali Bandung Spirit, spirit untuk melawan imperialisme kolonialisme untuk kesejahteraan masyarakat terutama di Asia dan Afrika,” ungkap Fadli Zon di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta (25/6/2024).

Legislator Partai Gerindra ini juga mengungkapkan pada tahun 2015 lalu, DPR berhasil menginisiasi pertemuan bagi parlemen negara Asia-Afrika dalam rangkaian peringatan 60 tahun KAA. Untuk itu, pihaknya akan merekomendasikan kepada pimpinan DPR RI periode mendatang untuk kembali menggelar pertemuan serupa untuk kembali menggelorakan semangat yang terkandung dalam Dasasila Bandung.

“Asia dan Afrika itu kan negara-negara yang waktu itu kebanyakan di bawah kolonialisme-imperialisme dan karena adanya semangat Dasasila Bandung kita ingin membebaskan diri dari penjajahan. Cukup banyak negara yang kemudian merdeka karena semangat Konferensi Asia-Afrika itu dan kita memang waktu itu berkoalisi dalam rangka untuk membebaskan mereka dari penjajahan,” jelas Fadli.

Dasa Sila Bandung merupakan cerminan dari semangat solidaritas, kemandirian, dan perdamaian yang diinginkan oleh negara Asia dan Afrika pada saat itu. Dan hal ini masih memiliki relevansi dalam diplomasi global dan upaya membangun dunia yang lebih adil dan damai.

Facebook
Twitter
WhatsApp