Search
Close this search box.

Legislator Gerindra Kasih Masukan Untuk Kemendikbud Mengenai Pembentukan Kementerian Kebudayaan

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Nuroji mengusulkan agar pemerintah membentuk Kementerian baru yang mengurusi soal kebudayaan. Hal tersebut disampaikan dalam rapat kerja antara Komisi X dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Kamis (13/6/2024).

Legislator Gerindra itu mengatakan selama ini fungsi pendidikan diampu oleh dua Kementerian sekaligus, yakni Kemendikbud, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Sekedar usul dan menjadi catatan, karena fungsi kebudayaan ada di pariwisata dan pendidikan, jadi kami usul saja mungkin diperjuangkan,” ucap Nuroji.

“Mungkin diperjuangkan sama-sama untuk kebudayaan dipisah saja jadi Kementerian Kebudayaan,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Komisi X dan Kemendikbud menggelar rapat kerja untuk membahas pagu indikatif tahun 2025. Dalam rapat itu telah disepakati pagu indikatif Kemendikbud sebesar Rp 108 triliun.

Sebagai informasi, Presiden terpilih Prabowo Subianto memang pernah menyinggung soal pembentukan Kementerian Kebudayaan. Dalam sesi debat calon presiden 2024 Prabowo mengatakan sepakat dengan pesaingnya Anies Baswedan mengenai pembentukan pembentukan kementerian khusus untuk kebudayaan.

Prabowo pun menilai warisan budaya dan sejarah Indonesia memang memerlukan perhatian yang sangat khusus. Dia pun sepakat untuk mendirikan kementerian kebudayaan yang dipaparkan Anies.

Facebook
Twitter
WhatsApp