Search
Close this search box.

Prabowo Kunjungi Muhammad bin Salman Bahas Isu Global, Perdagangan dan Palestina

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepda Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS) di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (12/6/2024).

Sebelum tiba di Jeddah untuk bertemu MBS, Prabowo diketahui menghadiri KTT Call for Action for Gaza di Amman, Yordania sebagai perwakilan dari Indonesia mewakili Presiden Joko Widodo yang khusus membahas soal Palestina.

Pertemuan Prabowo dan MBS, keduanya membahas hubungan bilateral antara kedua negara dengan membicarakan aspek kerjasama di berbagai bidang serta bagaimana cara mengembangkannya dan membahas situasi global saat ini termasuk situasi di Palestina.

“Arab Saudi bagi Indonesia merupakan mitra utama dalam dialog dan penyelesaian isu-isu kawasan dan global,” ujar Prabowo.

Prabowo juga menjelaskan kepada MBS tentang pertemuannya di KTT dengan pemimpin negara dunia, bahwa Indonesia memberikan dukungan penuh untuk Palestina dan perlunya pemimpin dunia untuk bersatu dan konkret untuk mendukung gencatan senjata secara permanen.

Indonesia juga mendorong Israel untuk patuh terhadap perintah Mahkamah Internasional, keanggotaan penuh Palestina di PBB dan mendukung pekerjaan kemanusiaan di lapangan untuk masyarakat di Gaza dan Prabowo mengajak MBS untuk ikut berpartisipasi membela Palestina.

“Saya telah menyaksikan keteguhan Yang Mulia dalam menegaskan kepemimpinan Arab Saudi di kawasan dan sekitarnya, termasuk dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas untuk saudara-saudara kita di Palestina. Isu Palestina sangat dekat dengan hati kita,” ungkap sang Menhan.

“Saya mengandalkan kepemimpinan Anda dalam membela perdamaian, keadilan, dan kemanusiaan untuk Palestina,” sambung Prabowo.

Prabowo juga mengapresiasi hubungan perdagangan Indonesia dan Arab Saudi yang semakin kuat, meskipun ketidakpastian global yang semakin memanas namun kedua negara ini berhasil mempertahankan tren positif.

Membahas soal ini, Prabowo mendorong kedua negara untuk terus bekerja sama meningkatkan perdagangan dengan menjajaki peluang baru, termasuk memperluas potensi perdagangan produk industri pertahanan, teknologi pertanian, industri halal, dan industri kreatif.

Facebook
Twitter
WhatsApp