Search
Close this search box.

Setelah Dapat Dukungan Dari 38 Negara, Prabowo Dorong Indonesia Masuk Dalam OECD

Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memasukan Indonesia ke dalam Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) setelah mendapatkan dukungan dari 38 negara. Prabowo menyatakan bahwa saat ini Indonesia tengah menjalani proses untuk menjadi kandidat anggota OECD.

Prabowo menuturkan, pada saat ini Indonesia wajib untuk menyampaikan initial memorandum untuk memenuhi standar dan persyaratan sebagai anggota resmi OECD.

“Indonesia wajib untuk menyampaikan initial memorandum untuk memenuhi standar dan persyaratan keanggotaan resmi OECD,” ucap Prabowo, Selasa (28/5/2024).

Prabowo membeberkan langkah Indonesia saat ini untuk menjadi keanggotaan OECD merupakan bagian dari sejarah. Sebab, Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang pertama kali menjadi kandidat anggota OECD.

“Sejauh ini sudah ada 38 negara yang telah mendukung Indonesia masuk dalam OECD,” ujarnya.

Sebagai informasi, OECD adalah sebuah organisasi internasional yang mempromosikan koordinasi kebijakan dan kebebasan ekonomi di antara negara-negara maju. Awalnya, OECD bernama Organisation for European Economic Co-operation (OEEC) yang didirikan pada 1948 untuk memantau kontribusi AS dan Kanada.

Facebook
Twitter
WhatsApp