Search
Close this search box.

Anggota DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras Desak Pemerintah Ambil Langkah Serius Tangani Banjir Bandang di Wajo Sulawesi Selatan

Banjir yang terjadi akibat jebolnya tanggul sungai pada Jumat 3 Mei 2024 lalu mengakibatkan beberapa bangunan rusak dan sekitar 23 ribu jiwa terdampak yang tersebar di 33 Desa, di kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Andi Iwan Darmawan Aras yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wajo untuk meninjau langsung lokasi bencana.

Komisi V DPR RI mendesak kepada pemerintah, khususnya Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR untuk mengambil langkah serius serta menekankan pemerintah untuk segera merumuskan strategi yang efektif dalam mengatasi masalah banjir. dengan mengoptimalkan fungsi tanggul di Sungai Cenranae dan Sungai Walanae guna mengendalikan debit air dan mencegah banjir.

“Bencana banjir di Kabupaten Wajo ini sebenarnya sudah menjadi langganan setiap tahunnya. Jadi, saya kira dari pihak Kementerian ataupun Balai sudah seharusnya bisa mengetahui titik-titik ke mana yang kira-kira yang rawan untuk mendapatkan bencana banjir tersebut. Oleh karena itu, kami meminta sekaligus mendorong kepada Kementerian PUPR Dirjen Sumber Daya Air agar supaya penanganan tanggul sungai walanae dan cenranae ini betul-betul dioptimalkan,” ujar politisi Partai Gerindra Andi Iwan (22/5/2024).

Dengan ini Andi Iwan menunjukkan komitmen dalam memastikan perlindungan dan mitigasi bencana, terutama daerah yang rentan terhadap bencana alam seperti banjir.

Legislator Partai Gerindra juga berharap adanya langkah-langkah pasti yang akan segera diambil oleh pemerintah untuk mengimplementasikan strategi yang efektif guna mengurangi dampak buruk dari bencana banjir di Kabupaten Wajo.

Facebook
Twitter
WhatsApp