Search
Close this search box.

Menlu Selandia Baru Bertemu Dengan Prabowo Subianto, Bahas Kerja Sama Untuk Kedua Negara

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Selandia Baru Winston Peters di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat pada Kamis, (14/3/2024).

Selepas bertemu, keduanya membahas hubungan bilateral Indonesia dan Selandia Baru. Prabowo menyampaikan apresiasi atas hubungan bilateral yang baik antara kedua negara.

Prabowo juga menegaskan bahwa komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama dengan Selandia Baru di berbagai bidang, termasuk pertahanan.

“New Zealand (Selandia Baru) adalah sahabat dekat dan merupakan negara mitra utama di kawasan Pasifik Selatan, khususnya di bidang pertahanan,” ucap Prabowo.

Menhan Prabowo dan Menlu Peters juga membahas sejumlah isu strategis yang berkaitan perkembangan terkini isu-isu regional dan global.

Kedua pejabat itu juga membahas kerja sama pertahanan kedua negara antara lain latihan bersama, kerjasama keamanan maritim, intelijen, pemeliharaan perdamaian, dan bidang-bidang strategis lainnya.

Sementara itu, Peters juga mengucapkan selamat kepada Prabowo yang unggul berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pilpres 2024.

“Kami menyambut baik kesempatan untuk bertemu dengan Menteri Prabowo untuk membahas penguatan kemitraan komprehensif kami, termasuk kepentingan pertahanan dan keamanan yang telah lama terjalin, dan juga untuk mengucapkan selamat kepada beliau atas keberhasilan kampanye dalam pemilihan umum di Indonesia,” tutur Peters.

Dalam keterangan tertulis Kemenhan, Indonesia dan Selandia Baru memiliki kepentingan dan tanggung jawab yang sama untuk menjamin stabilitas serta menjaga perdamaian, kebebasan, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik.

Hal itu sejalan dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dan prioritas kebijakan Indo-Pasifik Selandia Baru.

Facebook
Twitter
WhatsApp