Search
Close this search box.

Andre Rosiade Serap Aspirasi Wali Nagari dan Tokoh Masyarakat di Sijunjung

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra, Andre Rosiade bertemu sejumlah wali nagari dan tokoh masyarakat di Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung. Andre mendengarkan masukan dari warga terkait usulan pembangunan sejumlah fasilitas umum.

Adapun kegiatan tersebut digelar di Wahana Wisata Telabang Sakti. Kegiatan itu turut diikuti oleh Wakil Bupati Sijunjung Irradattilah. Sejumlah kepala OPD Sijunjung dan unsur Forkopimcam Kamang Baru, pada Jumat (08/09/2023) malam.

Andre Rosiade meminta wali nagari yang hadir untuk menyampaikan langsung usulan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat di Kamang Baru. Andre mengaku, harus banyak mendengar dan menyerap aspirasi lalu mengeksekusinya.

“Silahkan Pak Wali sampaikan pembangunan apa yang dibutuhkan di nagari masing-masing. Saya di sini hadir akan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Membangun daerah harus bersama-sama, berkolaborasi. Saya berkomitmen untuk membangun Sijunjung ini, membangun Sumbar,” ucap Andre

Sejumlah wali nagari paling banyak menyampaikan persoalan sinyal atau blankspot. Luasnya daerah mengharuskan pembangunan tower jaringan pada beberapa titik, terutama di daerah yang masih belum memiliki sinyal telekomunikasi.

Sementara itu, Wakil Bupati Sijunjung Irradatilah mewakili Bupati Benny Yuswir menyebut sudah banyak bantuan dan jasa Andre untuk Sumbar, khususnya Kabupaten Sijunjung.

“Banyak yang telah dilakukan seorang Andre Rosiade untuk kami di Sijunjung. Mulai dari pembangunan tower agar ada sinyal, pasar, dan banyak lagi. Tapi karena kami banyak kebutuhan, maka kami tak bosan bermohon agar dibantu pak Andre Rosiade,” kata Irradatilah.

Tokoh masyarakat Sijunjung yang juga Wali Nagari Kunang Parik Rantang, Dt mengaku sangat bangga dengan kedatangan Andre Rosiade yang mau mendengarkan aspirasinya.

“Kami biasa melihat pak Andre Rosiade di televisi, membela masyarakat. Memperjuangkan aspirasi kami rakyat kecil. Alhamdulillah, hari ini ada bersama kami,” katanya.

Selain jaringan seluler, beberapa nagari juga mengajukan pembangunan pasar, jembatan hingga mobil ambulans untuk masyarakat di nagari.

“Kami minta bantuan kepada Pak Andre agar di Nagari Silongo, Kecamatan Lubuk Tarok bisa dibangun tower BTS. Karena hingga kini masyarakat kita di sana sangat membutuhkan jaringan telekomunikasi,” tutur Wali Nagari Silongo, Aswedi dalam dialog yang dipimpin Ketua DPC Partai Gerindra Sijunjung Syahril Syamra itu.

Selain itu, Wali Nagari Padang Tarok menyampaikan agar pembangunan tower kombet di daerah tersebut agar segera bisa diaktifkan. Serta meminta pembangunan pasar kepada Andre Rosiade.

“Alhamdulillah berkat Pak Andre Rosiade sekarang proses pembangunan tower combet sedang dalam proses, kami berharap agar segera bisa diaktifkan. Selain itu kami meminta agar bisa dibangun pasar, lahannya sudah kami siapkan,” ujar Syahrul, Wali Nagari Padang Tarok.

Lebih lanjut, wali nagari tersebut juga berharap agar Andre Rosiade bisa mewujudkan bantuan mobil ambulan, khusunya bagi nagari yang berada jauh dari RSUD maupun akses fasilitas kesehatan.

Menjawab aspirasi sejumlah wali nagari di Kamang Baru, Andre Rosiade mengatakan akan berupaya menindaklanjutinya.

“Hari ini saya datang langsung bersama manajemen Telkomsel Sumbar, tadi saya juga telah menghubungi Dirut langsung dan meminta agar persoalan sinyal di Kabupaten Sijunjung ini bisa segera diselesaikan,” ungkap Andre

Andre meminta agar pihak Telkomsel Sumbar bisa segera merealisasikan pembangunan yang menjadi harapan masyarakat itu.

“Nanti Dinas Kominfo Sijunjung tolong berkordinasi dengan Telkomsel Sumbar, ini saya bawa bosnya langsung. Kalau urusan dana dan anggarannya itu saya yang usahakan di pusat,” ujar Andre

Andre juga merespons terkait pembangunan pasar yang menggunakan dana APBN, menurutnya, sertifikatnya harus atas nama Pemerintah Daerah.

“Jadi begitu Pak Wali, kalau pakai APBN (anggaran) harus nama Pemkab Sijunjung, baru bisa kita bangun pasarnya,” ungkap Andre.

“Saya juga melihat banyak nagari ini yang memang butuh mobil ambulan yang tujuannya memudahkan masyarakat. InsyaAllah kita akan upayakan agar nagari yang jauh dari rumah sakit ini bisa segera memiliki ambulan. Kita akan wujudkan, Pak Wali,” pungkas Andre

Facebook
Twitter
WhatsApp