Search
Close this search box.

Andre Rosiade: IKM Siapkan 50 Bus Pulang Basamo Perantau Minang

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra yang juga sekaligus Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Minang (DPP IKM) akan menggelar kegiatan “Pulang Basamo” atau mudik bareng pada Ramadan tahun 2023 bagi para perantau.

Ketua Harian DPP IKM Andre Rosiade mengatakan saat ini, pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan terkait rencana tersebut. Adapun kegiatan Pulang Basamo ini diperkirakan akan menyediakan 50 armada bus.

“Insya Allah kami siapkan 50 bus, mudah-mudahan kegiatan Pulang Basamo yang diinisiasi oleh DPP IKM ini dapat membantu perantau Minang yang ingin pulang kampung,” ujar Andre, kemarin.

Legislator Gerindra ini menambahkan, kegiatan Pulang Basamo merupakan tradisi rutin yang dilakukan oleh para perantau Minang melalui wadah IKM menjelang atau usai perayaan Idul Fitri. Namun kegiatan tersebut sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Karena kita tahu sejak pandemi 2020 kemarin, sulit perantau Minang untuk pulang kampung menengok kampung halaman. Karena itu kita berusaha menghidupkan kembali tradisi tahunan ini untuk sama-sama kita pulang ke kampung halaman,” ujar Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat (Sumbar) ini.

Pulang Basamo adalah istilah dalam bahasa Minangkabau yang berarti mudik secara bersama-sama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini dilakukan oleh perantau Minangkabau dan diselenggarakan oleh organisasi perantau tujuan mudik mereka.

Facebook
Twitter
WhatsApp