Search
Close this search box.

Budisatrio Ungkap Perlu Percepatan Ketahanan Pangan di IKN

Kedaulatan Pangan harus lah dibangun beriringan dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara atau IKN, melalui perwujudan pertanian berkelanjutan, yang nantinya akan mampu menyuplai kebutuhan pangan di IKN.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra, Budisatrio Djiwandono menyatakan bahwa Komisi IV DPR akan berjuang membantu untuk mempercepat kedaulatan pangan seiring keberadaan IKN Nusantara.

“Kedaulatan pangan atau hak rakyat atas pangan tersebut harus segera dibangun di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara serta daerah sekitar IKN Indonesia baru. Kami mendukung untuk penerapan konsep pertanian berkelanjutan,” kata Budisatrio, Rabu (1/3/2023).

Budisatrio menyebutkan, khusus Kabupaten Penajam Paser Utara, selain menjadi pertanian berkelanjutan, juga dipersiapkan menjadi daerah penyuplai pangan untuk memenuhi kebutuhan IKN Nusantara.

“Pengelolaan ketersediaan pangan di IKN Nusantara serta di daerah sekitar ibu kota negara harus dilakukan secara modern, sehingga kedaulatan pangan terbangun maksimal,” ucapnya.

Selama ini, lanjutnya, DPR RI terus mengupayakan pembangunan kedaulatan pangan di Kalimantan Timur dengan menyalurkan berbagai alat mesin pertanian (Alsintan) kepada para petani.

Pada kunjungan ke wilayah IKN Indonesia baru yang ditetapkan di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara tersebut, Budisatrio Djiwandono, juga menyebutkan ketersediaan pangan menjadi sektor dasar dalam membangun IKN Nusantara.

“Pertanian merupakan sektor paling dasar untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk IKN Indonesia baru yang diperkirakan mencapai 1,9 juta jiwa. Daerah kabupaten/kota penyangga IKN Nusantara, yang memiliki potensi pertanian harus segera diberdayakan,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp