Search
Close this search box.

Azikin Solthan Dorong Peningkatan SDM dan Sarpras PSDKP Kendari

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra, Azikin Solthan menilai kinerja Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sulteng) cukup baik karena telah berkontribusi terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang sangat tinggi dan melebihi target. Hal itu tetap dapat dicapai meskipun masih mengalami kendala dalam hal kekurangan personil dan Sarana dan Prasarana (Sarpras).

Karena itu, ia mendorong agar kebutuhan personil dan Sarpras dapat terus ditingkatkan. “Dalam rangka meningkatkan kinerja pengawasan laut ini perlu kita dukung sarana dan prasarana. Sehingga efektivitas kerja yang akan dilakukan oleh PSDKP ini betul-betul bisa tercapai,” kata Azikin usai mengikuti Kunjungan Kerja (Kunker) Reses Komisi IV DPR RI ke Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (20/02/2023).

Dari paparan yang disampaikan, untuk melakukan pengawasan di laut, PSDKP memiliki beberapa unit kapal. Di antaranya, KP HIU 05, KP HIU 02, 1 Unit RIB, 4 Unit Speed Boat, 8 Unit Rubber Boat. Sementara jumlah SDM yang dimiliki berjumlah 106 orang (PNS), dan 49 orang (PPNPN).

Pengawasan lainnya yang dilakukan PSDKP di kawasan Sulteng adalah meliputi kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang laut, perizinan kapal ikan, destructive fishing, usaha budidaya perikanan, usaha pengolahan hasil perikanan, dan pemanfaatan ikan yang dilindungi.

Facebook
Twitter
WhatsApp