Search
Close this search box.

Husein Fadhlulloh: Kinerja Holding Ultra Mikro Sudah Baik, Tetapi Harus Lebih Memberi Pengaruh Kepada Masyarakat!

Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, M. Husein Fadhlulloh memberikan apresiasi atas kinerja BUMN Holding Ultra Mikro pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI dengan Dirut Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di Jakarta, Senin (30/01).

M. Husein membuka sambutannya dengan mengapresiasi sejumlah capaian positif yang dibukukan ketiga BUMN yang tergabung dalam Holding Ultra Mikro sepanjang tahun 2022 lalu.

“Kami tentunya mengapresiasi kinerja yang dicapai BRI, Pegadaian dan PNM sebagai satu entitas holding ultra mikro. BRI membukukan laba bersih 39 sekian tiriliun, Pegadaian dengan peningkatan asetnya dan PNM yang juga mencatat indikator positif. Tentunya penting untuk digarisbawahi juga bahwa transaksi BRImo tembus hingga 2,69 triliun atau tumbuh 2 kali lipat, di mana penggunanya juga tumbuh 68,46% di tahun 2022 kuartal ketiga.” pungkas M. Husein.

M Husein melanjutkan dengan kembali menyuarakan harapan bersama dari Komisi VI agar BUMN Holding Ultra Mikro meningkatkan dampak layanannya terhadap masyarakat dengan penurunan cost of fund.

“Ada salah satu masalah sering kali ditanyakan teman-teman di Komisi VI yaitu terkait cost of fund. Harapannya tentunya bagaimana Holding bisa menurunkan cost of fund, sehingga berdampak positif bagi masyarakat karena nasabah bisa mendapat bunga yang lebih rendah. Perlu diapresiasi bahwa Pegadaian sudah menurunkan menjadi 1,5% dan PNM sebesar 1%, ini adalah hal positif yang menjadi harapan kita semua.” kata M. Husein.

M. Husein juga mempertanyakan keberadaan co-location dari ketiga BUMN tersebut dalam memberikan dampak pelayanan terhadap masyarakat.

“Selanjutnya ada pertanyaan terkait co-location, disebutkan sebelumnya salah satu peningkatan kinerja terlihat dari adanya penambahan jumlah sebesar 1000 co-location. Yang perlu ditanyakan, seperti apa mekanisme dari co-location ini, apakah efektif?” lanjut M. Husein.

Secara khusus M. Husein memuji kinerja PNM dalam memberikan dampak pada masyarakat dalam pembinaan pelaku UMKM. M. Husein merasakan dampak positif dari program binaan PNM pada pelaku UMKM di daerah pemilihannya di Kab. Tasikmalaya.

“Saya secara spesifik mengapresiasi kinerja PNM dalam membantu masyarakat melalui Program ULaMM dan Mekaar. Seperti yang saya rasakan langsung di Kab. Tasikmalaya, di mana di salah satu desa seperti desa Papayan, Kec. Jatiwaras, PNM selama setahun ke belakang benar-benar membina masyarakat dalam mengembangkan usaha khususnya memasuki pasar daring. Saya harapkan ini bisa ditingkatkan, baik di Dapil saya dan seluruh Indonesia.” ucap M. Husein.

Disamping capaian kinerja lewat angka positif yang diperoleh selama tahun 2022 lalu, M. Husein berpesan kepada semua BUMN Holding Ultra Mikro untuk tidak melupakan peningkatan tugas dan fungsi pelayanan agar berdampak luas bagi masyarakat Indonesia.

“Saya berharap, jangan sampai capaian seperti angka-angka yang disebutkan tidak bisa dinikmati oleh masyarakat secara langsung. Jadi angka ini secara kinerja memang positif, namun masyarakat juga harus terdampak. Salah satu contohnya kinerja positif bagi masyarakat adalah Rumah Kreatif BUMN/RKB.” kata M. Husein.

M. Husein mengakhiri paparan dengan menyampaikan harapannya agar ke depan BRImo bisa mengalahkan aplikasi banking lainnya dan lebih baik lagi dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Facebook
Twitter
WhatsApp