Search
Close this search box.

Sodik Mudjahid Ungkap Kekhawatiran Fakultas Kedokteran Hanya Akan Diisi Orang Kaya

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Sodik Mudjahid, mengungkapkan adanya kekhawatiran dimana fakultas kedokteran hanya akan diisi oleh mahasiswa yang memiliki kemampuan finansial alias orang kaya saja. Menurutnya selama ini, mahalnya biaya kuliah di fakultas kedokteran membuat fakultas tersebut identik dengan orang kaya saja.

“Kami berterima kasih banyak masukan atau aspirasi yang diberikan pada kami dari Pemprov Kalimantan tengah dan jajarannya. Salah satunya masukan terkait kekhawatiran akan terjadi dimana Fakultas Kedokteran yang hanya bisa diisi oleh orang-orang kaya saja,” ujar Sodik, Senin (30/1/2023).

Dijelaskan anggota Komisi X DPR RI Fraksi Gerindra yang membidangi Pendidikan ini, hal tersebut sejatinya juga merupakan kekhawatirannya sebagai anggota DPR RI. Pasalnya selama ini, mahalnya biaya kuliah di Fakultas Kedokteran membuat Fakultas tersebut identik dengan orang kaya saja.

Diharapkan kekhawatiran tersebut tidak akan terjadi, tentunya lewat Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Kedokteran yang saat masuk dalam RUU Prolegnas tahun 2023 ini, dan akan segera dibahas kembali oleh DPR dan Pemerintah.

Selain itu, distribusi lulusan kedokteran yang tidak merata, alias hanya tersebar di kota-kota besar saja juga menjadi keluhan dan masukan dari pemerintah Kalimantan Tengah beserta jajarannya. Hingga tidak sedikit daerah terpencil yang belum memiliki dokter.

“Lewat RUU Pendidikan Kedokteran, nantinya akan diatur pendistribusian lulusan kedokteran yang juga bisa menjangkau daerah-daerah terpencil. Karena dokter merupakan salah satu profesi yang menuntut rasa tanggung jawab dan komitmen untuk mengabdi atas dasar kemanusiaan,” papar Politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini.

Facebook
Twitter
WhatsApp