Search
Close this search box.

Putih Sari Dorong Pemerintah Revitalisasi Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Pembangunan puskesmas merupakan perwujudan nyata dari transformasi kesehatan layanan primer.

Terkait ini, anggota Komisi IX Fraksi Gerindra, Putih Sari mendorong agar pemerintah melakukan revitalisasi puskesmas. “Ada beberapa fasilitas kesehatan yang sudah siap, tetapi beberapa masih butuh supporting, baik dari sarana prasarana maupun dari SDM-nya,” kata Putih saat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR dengan Wakil Bupati Sidoarjo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sidoarjo, Perwakilan Puskesmas Sidoarjo di Kantor Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Sidoarjo, Kamis, (19/1/2023).

Salah satu fasilitas kesehatan yang menjadi pusat perhatian Putih yakni fasilitas kesehatan berupa alat ultrasonografi (USG) untuk ibu hamil. Putih menilai alat USG ini sangat penting sebagai upaya pencegahan atau menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Oleh karena itu Putih berharap alat USG yang sudah disalurkan Kementerian Kesehatan kepada puskesmas-puskesmas sudah memiliki teknologi terupdate.

“Memang ada program pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan, dengan memberikan peralatan kesehatan berupa unit-unit USG, nah ini yang sekaligus fungsi pengawasan dari Komisi IX DPR, memastikan bahwa alat yang sudah diberikan tersebut bisa digunakan secara efektif dan efisien,” imbuh Putih.

Facebook
Twitter
WhatsApp