Search
Close this search box.

Fadli Zon: Masukan DPR tentang TPB Diakomodir dalam Resolusi PBB

Majelis Umum PBB, pada 14 Desember 2022 lalu secara bulat mengadopsi resolusi tentang “Meningkatkan Peran Parlemen dalam Mempercepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)”. Resolusi tersebut diusulkan oleh Uzbekistan selama sesi ke-75 Majelis Umum PBB pada tahun 2020 lalu.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, menjelaskan resolusi tersebut disponsori bersama oleh 80 Negara Anggota PBB termasuk Indonesia.

“Pemerintah Indonesia dalam kaitan ini Kemenlu secara intensif berkomunikasi dengan kami di BKSAP untuk memberikan masukan ke resolusi tersebut dari perspektif DPR. Masukan kami yang dititipkan ke Kemenlu berhasil diakomodasi,” ungkap Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

Fadli menyampaikan, resolusi tersebut menekankan pentingnya keterlibatan parlemen dalam komitmen terbarukan terhadap persatuan, solidaritas, dan kerja sama multilateral. Kehadiran Parlemen akan sangat berarti dalam mendukung pemulihan yang inklusif, berkelanjutan, dan tangguh dari pandemi COVID-19 serta mempercepat aksi satu dekade ke depan untuk mewujudkan TPB tanpa meninggalkan siapa pun.

“Diakomodasinya masukan DPR itu di Forum PBB merupakan bentuk pengakuan dunia atas inisiatif DPR dalam upaya berkontribusi lebih besar untuk merealisasikan TPB,” ucap Legislator Partai Gerindra itu.

Masukan DPR yang diakomodasi resolusi itu termaktub dalam paragraf pembuka kedelapan yang berbunyi “Mempertimbangkan Pertemuan Parlemen Global pertama untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang diselenggarakan oleh Inter-Parliamentary Union dan DPR RI pada September 2021, tentang Mengubah Tantangan Pandemi Covid-19 Menjadi Peluang Mencapai TPB.”

Sebagaimana diketahui, DPR sendiri telah sukses menyelenggarakan The First Global Parliamentary Meeting on Achieving the SDGs yang bertajuk ‘Mengubah Tantangan Pandemi Covid-19 Menjadi Peluang Mencapai SDGs’ pada 30 September 2021. Pertemuan yang diselenggarakan secara fisik dan daring ini menggalang parlemen-parlemen dunia untuk berperan lebih banyak lagi dalam mencapai TPB

Facebook
Twitter
WhatsApp