Search
Close this search box.

Pembiayaan UKM Turun, Heri Gunawan Pertanyakan Peran BSI

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Gerindra, Heri Gunawan mempertanyakan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang mengalami penurunan kinerja khusus untuk pembiayaan usaha kecil menengah (UKM). Padahal, para pelaku UKM ini banyak masuk di industri halal. Sebaliknya, BSI malah menggelontorkan pembiayaannya lebih besar pada korporasi.  Baginya ini kabar yang kurang baik di tengah peran perbankan yang harus ikut memulihkan perekonomian nasional.

“Kami melihat penurunan pembiayaan untuk segmen kecil dan menengah yang mencapai 6,63 %. Ini kabar yang kurang baik untuk upaya pemulihan UKM kita. Sementara pembiayaan korporat tumbuh sampai 24,95 %. Padahal, kita ketahui bersama ekosistem industri halal itu mayoritas adalah para pelaku UMKM,” ungkap Politisi Fraksi Partai Gerindra,  dalam rapat Komisi XI dengan direksi BSI di Gedung DPR RI, Rabu (28/9/2022).

Lanjut Hergun yang mewakili dapil Jabar IV, pembiayaan BSI untuk segmen mikro sudah tumbuh 31,13 %. Fakta ini sudah sejalan dengan upaya peningkatan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) yang kini meningkat secara signifikan.

Secara umum, pembiayaan BSI seperti dijelaskan direksinya, tumbuh 18,55 %. “Kami mengapresiasi masalah ini. Kita melihat segmen mikro tumbuh sampai 31,13 %. Ini tentu in line dengan peningkatan pembiayaan KUR yang meningkat secara signifikan,”

Facebook
Twitter
WhatsApp