Search
Close this search box.

Ketua BKSAP Fadli Zon Terima Kunjungan Dubes Filipina Dukung Gagasan Parlemen ASEAN

Indonesia merupakan salah satu negara di kawasan ASEAN yang mempunyai satu proses yang dinamis dalam politik yang demokratis. Hubungan Indonesia dengan Filipina di kawasan ASEAN memiliki banyak sekali hubungan seperti budaya, sejarah dan ekonomi.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen Fadli Zon menerima kunjungan Duta Besar Filipina untuk ASEAN di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Pertemuan ini secara khusus membahas isu atau permasalahan di sekitar ASEAN salah satunya mengenai gagasan yang disuarakan aktif oleh Dubes Filipina soal adanya Parlemen ASEAN.

“Filipina termasuk yang cukup aktif menyuarakan perlunya Parlemen ASEAN atau Parlemen dari negara-negara ASEAN. Saya kira ide ini adalah ide yang menarik yang perlu dipikirkan karena bukan seperti Parlemen Eropa. Parlemen ASEAN itu maksudnya adalah Parlemen yang sudah terpilih dengan mekanisme proses masing-masing dan mungkin sesuai komposisi mereka juga dijadikan semacam komite di dalam Parlemen masing-masing untuk ke ASEAN. Jadi ini juga satu ide yang saya kira sangat baik dan saya kira kita ingin mendukung ini,” ungkap Fadli.

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara ini menaruh perhatian khusus terhadap negara tetangga yaitu Myanmar yang sudah tiga tahun tidak mengikuti ASEAN Summit dikarenakan Myanmar tengah dalam proses menuju demokrasi dan tengah mengalami tantangan dimana junta militer berkuasa.

Facebook
Twitter
WhatsApp