Search
Close this search box.

Hadir HUT Hendropriyono, Prabowo Resmikan Replika Istana Majapahit

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri acara HUT eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono sekaligus meresmikan replika Istana Majapahit.

Acara itu turut dihadiri Wapres ke-6 RI Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, eks Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, dan Founder CT Corp Chairul Tanjung.

“Ini merupakan sebuah inisiatif, gagasan yang luar biasa dari Pak Hendropriyono,” ucap Prabowo dalam sambutannya di kawasan Cipayung, Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Prabowo mengatakan bahwa pembangunan replika Istana Majapahit ini sebagai bentuk penghormatan sekaligus jadi upaya untuk melestarikan budaya dan warisan tanah air.

“Ini luar biasa, membanggakan. Kalau bukan kita yang menghormati dan menghargai budaya kita sendiri, siapa lagi? Tidak ada orang lain yang akan menghormati (budaya) kita, kalau kita sendiri tidak menghormatinya,” tutur Prabowo.

“Dan inilah sekarang, cara-cara kita untuk selalu melestarikan dan menghormati budaya kita. Jadi, saya sangat kagum. Saya ucapkan selamat, luar biasa,” imbuhnya.

Prabowo juga turut menandatangani prasasti Keraton Majapahit yang bertuliskan ‘Replika Keraton Majapahit Jakarta ini merupakan Gelombang Kebangkitan Bangsa Indonesia di bidang Kebudayaan Demi Membangun Kepribadian Bangsa yang Berdaulat di Bidang Politik dan Mandiri di Bidang Ekonomi Nasional’.

Sebagai informasi, replika Keraton Majapahit ini dibangun seperti aslinya pada masa lalu dengan skala kecil dan terdiri dari sejumlah fasilitas layaknya Kraton Majapahit yang sebenarnya, seperti Taman Madakaripura, Pendopo Maharaja Hayam Wuruk, Balairung Mahapatih Gajah Mada dan Alun-Alun Wilwatikta.

Facebook
Twitter
WhatsApp