Search
Close this search box.

AIA Ingatkan Pemerintah Terkait Kesiapan Terminal Jelang Mudik Lebaran

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras mengingatkan pemerintah untuk meningkatkan  keamanan terminal jelang mudik. Sebab menurutnya, terminal menjadi simpul arus antara pemudik dengan berbagai jenis transportasi. Hal ini ditegaskan Iwan Aras saat membuka agenda Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu (27/3/2024).

“Kami (Komisi V DPR) masih mendengar keluhan dari masyarakat soal sarana dan prasarana untuk mudik ini. Kami gelar  agenda ini karena, menurut kami, penting untuk mengawasi seluruh kegiatan yang ada di setiap terminal yang menjadi simpul transportasi lainnya, untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tegas Iwan Aras.

Perlu diketahui, pemerintah telah menetapkan periode cuti bersama untuk perayaan Lebaran tahun 2024 mulai dari Senin, 8 April 2024, hingga Senin, 15 April 2024.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyebut puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 5-7 April 2024. “Puncak (arus) mudik diperkirakan terjadi tanggal 5-7 April 2024 dan arus balik tanggal 14-15 April 2024,” katanya seusai Rapat Tingkat Menteri Angkutan Lebaran 2024 di Kantor Kemenko PMK di Jakarta, Senin, 18 Maret 2024.

Muhadjir menyatakan bahwa perkiraan tersebut berasal dari hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan. Survei tersebut memperkirakan bahwa jumlah pemudik pada tahun 2024 diperkirakan mencapai 193,6 juta orang di seluruh Indonesia. Angka ini menunjukkan peningkatan lebih dari 60 persen dibanding tahun 2023.

Facebook
Twitter
WhatsApp