Search
Close this search box.

Fadli Zon: Dibutuhkan Terobosan Baru dalam Keorganisasian Majelis Parlemen Asia

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, bertemu dengan Ketua Parlemen Azerbaijan Milli Majlis Sahiba Gafarova. Pertemuan dilakukan bersamaan dengan kunjungan Delegasi DPR RI ke Azerbaijan untuk menghadiri Sidang Komite Sosial dan Budaya Majelis Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA). Dalam pertemuan tersebut ditekankan pentingnya peran APA dalam memperluas kerjasama antara parlemen-parlemen Asia.

Kedua belah pihak saling mengapresiasi setinggi-tingginya terkait hubungan baik Azerbaijan dan Indonesia sampai saat ini. Tercatat, Azerbaijan dan Indonesia yang tahun lalu merayakan 30 tahun terjalinnya hubungan diplomatik, dan telah bekerja sama erat di sejumlah organisasi parlemen internasional, antara lain IPU, NAM-PN (Non Blok), PIUC dan Azerbaijan sendiri adalah negara observer dalam AIPA.

“Pada saat yang sama, Sahiba Gafarova menyebutkan sangat bangga dengan penerimaan Milli Majlis Azerbaijan sebagai anggota pengamat Majelis Antar-Parlemen ASEAN (AIPA) dan menekankan pentingnya organisasi kawasan tersebut,” ungkap Fadli di Baku, Azerbaijan, Jumat (22/09/2023).

Legislator Gerindra ini mengungkapkan, dalam organisasi Jaringan Parlemen Gerakan Non-Blok, delegasi parlemen Indonesia ikut serta dalam Konferensi NAM-PN di Baku pada tahun 2022. Pada tahun itu Ketua Milli Majlis, Sahiba Gafarova, juga melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Pada kunjungan terakhirnya ke Indonesia, pertemuannya dengan Ketua DPR Puan Maharani, serta prospek pengembangan hubungan antar parlemen kedua negara,” ujar Fadli.

Fadli Zon, selaku Ketua Delegasi DPR RI, tak lupa juga menyampaikan terima kasih atas keramahtamahan yang diberikan kepada delegasi dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara APA secara tingkat tinggi. Dia mencatat bahwa Indonesia sangat memperhatikan dan mengutamakan pengembangan hubungan dengan Azerbaijan lebih lanjut di banyak bidang.

Bahkan atas nama BKSAP DPR RI, Fadli Zon memberikan dukungan atas pencalonan Azerbaijan dalam keketuaan pada APA untuk periode 2024-2026. Ia berharap akan ada terobosan-terobosan baru dalam organisasi ini terutama dalam penerapan resolusi yang telah diadopsi dan juga monitoring dan evaluasi atas implementasi resolusi tersebut.

Facebook
Twitter
WhatsApp