Search
Close this search box.

Bambang Haryadi Harap Penggantian Lahan Warga Terimbas Proyek Survei Seismik 3D ABAB Diselesaikan secara Persuasif

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra, Bambang Hariyadi berharap permasalahan penggantian lahan warga yang terimbas proyek pengerjaan survei seismik 3D ABAB oleh PT Daqing Citra di Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai pemenang lelang, dapat dilakukan secara persuasif dan damai.

“Kami tadi mendapat penjelasan dari Pihak PT Daqing Citra sebagai pelaksana pengerjaan proyek survei seismik 3D ABAB Sumatera Selatan, bahwa pengeboran sumber minyak baru itu pengerjaannya masih sebelas persen. Hal Itu dikarenakan masih adanya beberapa permasalahan seperti penggantian lahan warga yang terkena proyek. Sehingga, cukup menghambat pengerjaan proyek tersebut,” jelas Bambang, usai pertemuan Komisi VII DPR RI dengan Dirjen Migas, SKK Migas, Dirut PT Pertamina Hulu Rokan, dan PT Daqing Citra dalam Kunjungan Kerja ke Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (05/05/2023).

Pasalnya, menurut Bambang, masyarakat juga sejatinya memiliki hak yang utuh atas lahan miliknya yang memang sudah ditinggalinya selama bertahun-tahun tersebut. Meski demikian, lanjutnya, pengerjaan proyek survei seismik 3D ABAB ini juga tidak kalah pentingnya untuk kepentingan bangsa dan negara. Mengingat kebutuhan energi (minyak) dalam negeri yang memang sangat tinggi. Sementara cadangan minyak kita terbatas. Sehingga butuh eksplorasi sumber-sumber atau sumur minyak baru. Terlebih lagi pemerintah juga telah menargetkan lifting minyak sebesar 1 juta barel per hari, yang hingga saat ini masih jauh dari target.

“Sempat dijelaskan juga bahwa harga pengganti lahan warga itu berdasarkan Peraturan gubernur Sumsel di tahun 2017 lalu. Artinya sudah berusia lebih dari lima tahun yang lalu. Tentu sangat wajar jika warga minta harga penggantian lahannya disesuaikan dengan harga dan kondisi saat ini,” ungkap Bambang

Dengan penyelesaian secara kekeluargaan dan damai ini, ia berharap demikian masyarakat tidak merasa dirugikan, dan proyek tersebut pun dapat berjalan sesuai rencana. Sehingga ke depan sumur baru itu akan meningkatkan lifting minyak dalam negeri secara keseluruhan. Sekaligus membantu kekurangan kebutuhan domestik.

Facebook
Twitter
WhatsApp