Search
Close this search box.

Ahmad Muzani Warning Gelombang Covid-19, Perlu Ada Aturan Khusus Turis China

Turis dari China akhirnya bisa kembali berlibur ke luar negeri, setelah negara itu resmi mencabut pembatasan perjalanan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bahkan, Indonesia menyambut baik jika ada yang melakukan kunjungan ke tanah air.

Meski demikian, Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengingatkan, perlunya aturan khusus terhadap wisawatan asal China yang ingin masuk ke Indonesia.

“Aturan khusus yang dimaksud misalnya kewajiban melakukan Swab PCR bagi turis asal China yang ingin masuk ke Indonesia harus diperketat. Hal ini sebagai langkah antisipasi serta kewaspadaan kita terhadap kemungkinan meningkatnya kasus Covid-19 di dalam negeri. Jangan sampai kita menargetkan pertumbuhan ekonomi tapi mengabaikan keselamatan dan kesehatan rakyat,” kata dia, Kamis (12/1/2023).

Seperti herd immunity, upaya pemulihan ekonomi nasional, dan stabilitas sosial yang sudah kita bangun dengan kerja keras dan kerja bersama ini jangan sampai sia-sia akibat ketidakwaspadaan kita terhadap kemungkinan ancaman Covid yang berasal dari turis-turis luar negeri, terutama turis asal China” sambungnya.

Menurut Muzani, pemerintah Indonesia perlu meniru negara lain, yang mewajibkan aturan ketat bagi para turis asal China.

“Penting bagi pemerintah Indonesia untuk mulai mengkaji serta mempertimbangkan pengetatan, pembatasan, dan pemberlakuan aturan khusus bagi turis China yang ingin masuk ke Indonesia,” kata dia.

Wakil Ketua MPR ini mengingatkan, pemerintah Indonesia jangan hanya memikirkan capaian atau target devisa dari turis-turis yang ingin berlibur ke Indonesia.

“Penting bagi Menteri Pariwisata dan juga Menteri Kesehatan untuk menerapkan aturan khusus tersebut. Dengan demikian kita bisa memastikan bahwa keselamatan dan kesehatan warga kita adalah hal yang sangat prioritas,” kata Muzani.

Facebook
Twitter
WhatsApp